Penulisan
saya kali ini akan membahas mengenai Desain Pemodelan Grafik , penulisan ini
bertujuan untuk memenuhi tugas softskill yang diberikan oleh dosen saya pada
matakuliah Desain Pemodelan Grafik.
Apabila diuraikan kata perkata
menurut kamus besar bahasa Indonesia desain berarti suatu kerangka bentuk,
rancangan. Kemudian pemodelan dari asal kata model merupakan pola (contoh,
acuan, ragam) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan, dengan menggunakan
imbuhan pe-an maka pemodelan berarti proses pembuatan pola untuk menghasilkan
sesuatu. Selanjutnya grafik merupakan lukisan pasang surut suatu keadaan dengan
garis atau gambar. tetapi dalam hal ini grafik yang dimaksud adalah grafik
komputer yakni bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan
manipulasi gambar secara digital. Grafik komputer juga sering dikenal dengan
istilah visualisasi data. Secara keseluruhan, pengertian dari desain pemodelan
grafik adalah suatu proses pembuatan kerangka rancangan yang meliputi pembuatan
pola untuk menghasilkan suatu objek berupa gambar.
Dalam dunia komputer, desain pemodelan grafis merupakan suatu teknik penciptaan suatu citra objek dengan menggunakan sifat-sifat perangkat lunak grafis, yaitu memanipulasi bentuk, cahaya, warna, bayangan, dan tekstur permukaan suatu objek citra. Desain pemodelan grafis ini dapat meliputi gambar berdimensi dua maupun berdimensi tiga. Seperti yang kita ketahui bahwa gambar berdimensi dua akan memiliki dimensi panjang dan lebar saja misalnya bangun datar persegi. Sedangkan gambar berdimensi tiga akan memiliki dimensi tambahan yaitu tinggi atau kedalaman misalnya bangun ruang kubus.
Dibawah ini adalah beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Dalam dunia komputer, desain pemodelan grafis merupakan suatu teknik penciptaan suatu citra objek dengan menggunakan sifat-sifat perangkat lunak grafis, yaitu memanipulasi bentuk, cahaya, warna, bayangan, dan tekstur permukaan suatu objek citra. Desain pemodelan grafis ini dapat meliputi gambar berdimensi dua maupun berdimensi tiga. Seperti yang kita ketahui bahwa gambar berdimensi dua akan memiliki dimensi panjang dan lebar saja misalnya bangun datar persegi. Sedangkan gambar berdimensi tiga akan memiliki dimensi tambahan yaitu tinggi atau kedalaman misalnya bangun ruang kubus.
Dibawah ini adalah beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop publishing :
·
Adobe
Photoshop
·
Adobe Illustrator
·
Adobe
Indesign
·
Coreldraw
·
GIMP
·
Inkscape
·
Adobe
Freehand
·
Adobe image
ready
·
CorelDraw
·
Adobe Page
Maker
·
Paint Tool
SAI
Webdesign :
-Adobe Dreamweaver
-Microsoft Frontpage
-Notepad
-Adobe Photoshop
Audiovisual :
Adobe After Effect
Adobe Premier
Final Cut
Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
Ulead Video Studio
Magic Movie Edit Pro
Power Director
Rendering 3 Dimensi :
3D StudioMax
Maya
AutoCad
Google SketchUp
Light Wave
Blender
Softimage
Desain
pemodelan grafik juga di aplikasikan pada berbagai bidang kehidupan seperti :
o Peta digital
o Kesehatan
o Perancangan
objek
o System multimedia
o Presentasi
grafik
o Presentasi saintifik
o Pemrosesan
citra, dan
o Simulasi
Jika berbicara mengenai desain pemodelan grafik
tentunya kita berbicara mengenai visualisasi atapun grafis dari sebuah gambar.
Kualitas dari sebuah gambar yang diolah memiliki 2 type yaitu bitmap dan
vektor.
a. Vektor
Vector adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vector. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Pada gambar vector, apabila di perbesar maka gambar tersebut tidak akan pecah. Hal ini dikarenakan gambar vector menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah obyek,sehingga gambar tidak akan pecah biarpun diperbesar atau diperkecil. Vector menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinar geometris gamabar tersebut. Tampilan gambar vector walaupun bersifat relative lebih kaku dari pada tampilan birmap akan tetapi kaulitasnya tidak bergantung pada resolusi gambar.
Contoh teknologi dari penggunaan gambar vector adalah salah satunya pembuatan stiker/cutting sticker. Berbeda dengan bitmap dimana program program yang dimilikinya sebagian besar dipusatkan untuk pengeditan sedangkan pada program aplikasi vector diperuntukkan untuk gambar dengan tepi yang tajam dan pembuatan gambar dari awal. Pada pembuatan cutting sticker terdapat alat yang di koneksikan dengan computer yang nantinya user akan menggunakan aplikasi vector seperti CorelDraw untuk membuat gambar berbasis vector setelah itu mesin cutting sticker akan mencetak hasil buatan kita tersebut.
Vector adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vector. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Pada gambar vector, apabila di perbesar maka gambar tersebut tidak akan pecah. Hal ini dikarenakan gambar vector menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah obyek,sehingga gambar tidak akan pecah biarpun diperbesar atau diperkecil. Vector menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinar geometris gamabar tersebut. Tampilan gambar vector walaupun bersifat relative lebih kaku dari pada tampilan birmap akan tetapi kaulitasnya tidak bergantung pada resolusi gambar.
Contoh teknologi dari penggunaan gambar vector adalah salah satunya pembuatan stiker/cutting sticker. Berbeda dengan bitmap dimana program program yang dimilikinya sebagian besar dipusatkan untuk pengeditan sedangkan pada program aplikasi vector diperuntukkan untuk gambar dengan tepi yang tajam dan pembuatan gambar dari awal. Pada pembuatan cutting sticker terdapat alat yang di koneksikan dengan computer yang nantinya user akan menggunakan aplikasi vector seperti CorelDraw untuk membuat gambar berbasis vector setelah itu mesin cutting sticker akan mencetak hasil buatan kita tersebut.
b. Bitmap
Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri daei susunan titik yang tersimpan di memori computer. Bitmap merupakan kategori grafik kaya warna dan tersusun dari pixel pixel yang kita sebut sebagai resolusi. File gambar dengan resolusi lebih jernih maka memiliki ukuran file yang jauh leih besar juga. Bitmap sangat tergantung pada besaran resolusi. Semakin besar resolusi suaru gambar bitmap maka semakin baik kualitas dan ukuran filenya. Perbedaannya dengan gambar vector adalah, pada bitmap apabila gambar di perbesar maka kualitas gambar nya akan pecah. Hal ni dikarenakan bitmap terbentuk dari pixel pixel yang memiliki warna tertentu. Semakin banyak jumlah dalam suatu gambar maka gamabar yang dihasilkan akan semakin bagus. Beebrapa teknologi yang menggunakan prinsip bitmap adalah salah satunya pencetakan foto digital. Sebagai contoh kita gunakan salah satu aplikasi grafis bitmap seperti Adobe Photoshop. Pada Adobe Phtoshop kita dapat mengedit photo sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa mengatur brightness atau pun darkness pada foto yang kita edit sehingga hasilnya dapat sesuai dengan keinginan kita. Selain itu juga kita bisa memperhalus gambar agar semakin indah dilihat. Itulah salah satu keunggulan teknologi Bitmap. Contoh lain dari aplikasi bitmap adalah Microsoft Photo Editor, Macromedia Fireworks dan lain sebagainya. Semua program tersebut menawarkan kemudahahn dan kelengkapan fiturnya.
Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri daei susunan titik yang tersimpan di memori computer. Bitmap merupakan kategori grafik kaya warna dan tersusun dari pixel pixel yang kita sebut sebagai resolusi. File gambar dengan resolusi lebih jernih maka memiliki ukuran file yang jauh leih besar juga. Bitmap sangat tergantung pada besaran resolusi. Semakin besar resolusi suaru gambar bitmap maka semakin baik kualitas dan ukuran filenya. Perbedaannya dengan gambar vector adalah, pada bitmap apabila gambar di perbesar maka kualitas gambar nya akan pecah. Hal ni dikarenakan bitmap terbentuk dari pixel pixel yang memiliki warna tertentu. Semakin banyak jumlah dalam suatu gambar maka gamabar yang dihasilkan akan semakin bagus. Beebrapa teknologi yang menggunakan prinsip bitmap adalah salah satunya pencetakan foto digital. Sebagai contoh kita gunakan salah satu aplikasi grafis bitmap seperti Adobe Photoshop. Pada Adobe Phtoshop kita dapat mengedit photo sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa mengatur brightness atau pun darkness pada foto yang kita edit sehingga hasilnya dapat sesuai dengan keinginan kita. Selain itu juga kita bisa memperhalus gambar agar semakin indah dilihat. Itulah salah satu keunggulan teknologi Bitmap. Contoh lain dari aplikasi bitmap adalah Microsoft Photo Editor, Macromedia Fireworks dan lain sebagainya. Semua program tersebut menawarkan kemudahahn dan kelengkapan fiturnya.
Kelebihan
dan kekurangan grafis vektor dan bitmap
Ø
Kelebihan Grafis Vektor :
- Ruang penyimpanan untuk objek
gambar lebih efisien
- Objek gambar vektor dapat diubah
ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
- Dapat
dicetak pada resolusi tertingi printer Anda
- Menggambar dan menyunting bentuk
vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
Ø
Kekurangan Grafis Vektor :
- Tidak dapat menghasilkan objek
gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari
format bitmap
Ø
Kelebihan Grafis Bitmap :
- Dapat ditambahkan efek khusus
tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.
- Dapat menghasilkan objek gambar
bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun
dapat ditentukan
Ø
Kelemahan Grafis Bitmap :
- Objek gambar tersebut memiliki
permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
- Efek yang diidapat dari objek
berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak
pada resolusi yang lebih rendah
SUMBER : :
http://arkadiuswellyam.wordpress.com/2012/09/27/desain-pemodelan-grafik/
http://neuroindonesian.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafik.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://arkadiuswellyam.wordpress.com/2012/09/27/desain-pemodelan-grafik/
http://neuroindonesian.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafik.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://ranisaastria.blogspot.com/2013/10/desain-pemodelan-grafik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar