Rabu, 10 April 2013

Web Developer.

Web developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Web Developer bertugas untuk menghadirkan sistem dan layanan dari sebuah website. Web developer merupakan penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut. Fokus yang harus diperhatikan oleh seorang Web Developer adalah efektifitas dan efisiensi dari program yang dibangunnya, termasuk kecepatan loading page, keamanan, dan kerapian sistem.
Seorang Web Developer diharapkan mampu merancang sebuah website yang nantinya akan digunakan dan diakses oleh jutaan manusia yang terkoneksi dengan internet setiap harinya. Dan juga harus mampu bahkan menguasai beberapa bahasa pemrograman, diantaranya ialah bahasa HTML (Hyper Text Mark-up Language) yang merupakan bahasa pemrograman web paling dasar dan mutlak dikuasai oleh seorang Web Developer, bahasa CSS (Cascading Style Sheet) sebagai bahasa pelengkap HTML, tanpa CSS kita tak akan dapat menciptakan tampilan yang indah. CSS adalah bahasa yang mengatur layout dan tampilan dari web tersebut misalnya warna background, tulisan, font, ukuran, dan sebagainya. Dengan kombinasi HTML dan CSS maka kita dapat menciptakan tampilan yang baik dan indah dari sebuah halaman website.
Bagian aplikasi yang harus dipahami oleh seorang web developer yaitu :
• Client-side: JavaScript
• Server side: ASP, ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dsb.
• Databases: MySQL, Oracle, dsb.
Aspek tampilan menjadi sisi yang agak “terpinggirkan” oleh web developer. Pada umumnya setelah scripting dari aplikasi web telah selesai dibuat, web developer akan menyerahkan pekerjaannya kepada web designer untuk menciptakan tampilan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar