Kamis, 16 Januari 2014

Membuat Logo Android dengan Menggunakan Blender

Blender adalah salah satu aplikas open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khususnya 3Dimensi. Bisa di download di sini
1. Buka aplikasi Blender baik di windows atau linux. Disini Saya menggunkanan Blender versi 2.69.
2. Berikutnya yaitu membuat objek si Robot Hijau atau Android. Inti dari objek android adalah bentuk setengah bola untuk kepala dan tabung untuk badan, oleh karena itu Hal yang pertama dilakukan adalah membuar kepala android dengan menggunakan UV Sphere atau Bola. Caranya yaitu klik Add > Mesh > UV Sphere atau dengan shortcut Shift + A > Mesh > UV Sphere.
3. Setelah Objek UV Sphare ditambahkan, pindahkan objek mode ke Edit mode dengan menekan TAB dan klik face untuk menyeleksi sisi bola UV Spahere (Bola) yang akan dihapus.
 jika sudah masuk ke mode face hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah.
4. seleksi atau pilih face yang nantinya akan dihapus. Agar terlihat bagus bagi Bola menjadi 2 bagian yang simetris. Cara menyeleksi yaitu dengan shortcut Alt + Shift dan klik kanan pada face yang akan ditandai atau pilih. Lakukan hal ini sampai setengah dari bola terseleksi.
5. Hapus objek yang terseleksi dengan menekan tombol Delete > pilih Vertices
6. Pindah ke Object mode kemudian tambahkan Cylinder dengan cara Shift + A > Mesh > Cylinder. Atur ukuran Cylinder dengan menggunakan Scale ( tekan S kemudian atur size objek). Usahakan posisi dan besarnya Cylinder proporsional dengan ukuran kepala.
7. Setelah badan Robot hijau selesai dibuat, langkah berikutnya adalah membuat tangan. Pembuatan tangan ini menggunakan UV Sphere (bola). Hampir sama dengan pembuatan kepala, namun pada pembuatan kaki objek yang dipilih tidak dihapus. Pada objek yang dipilih dilakukan Ekstrude (keyboard E) kemudian panjangkan dengan menggeserkan mouse serarah koordinar Y. lakukan scale sampai tangan proporsional dengan badan.
9. Pindah ke objek mode, tempatkan tangan yang telah dibuat tadi di pinggir badan, lakukan duplikan untuk tangan sebelahnya dengan menekan Shift + D dan tempatkan pada posisi yang proporsional dengan badan. 
Untuk Pembuatan kaki langkahnya sama dengan pembuatan tangan, kemudian tempatkan di bawah badan.
10. Langkah berikutnya yaitu pembuatan Mata. Untuk pembutan mata Saya masih menggunakan UV Sphere yang di Scale menjadi kecil dan di tempatkan pada kepala, usahakan posisinya proporsional agar memiliki kesan natural.
11. Untuk pembuatan Tanduk Saya mengcopy objek tangan kemudian di Scale dan di Rotate sekitar 45 derajat. Kemudian ditempatkan di bagian kepala. 


12. Beri warna pada objek dengan warna hijau. Caranya yaitu masuk ke edit mode. Klik material > klik add kemudian pada diffuse pilih warna hijau lalu assign. Maka objek akan berubah menjadi warna hijau
13. Terakhir agar objeknya terlihat lebih bagus lakukan render. Klik render > Render Image. Kurang lebih hasilnya seperti gambar dibawah ini.


*) mohon maaf jika ada kesalahan kekurangan, masih dalam proses belajar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar