Jumat, 26 Juni 2015

SISTEM PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.

1. PENDAHULUAN
1. 1. Latar Belakang
Perkembangan komputer dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pembelajaran sebenarnya merupakan mata rantai dari sejarah teknologi pembelajaran. Sejarah teknologi pembelajaran sendiri merupakan kreasi berbagai ahli terkait, yang pada dasarnya ingin beruapaya dalam mewujudkan ide-ide praktis dalam menerapkan prinsip dikdaktik, yaitu pembelajaran yang menekankan perbedaan individual baik dalam kemampuan maupun kecepatan. Teori-teori psikologi persekolah yang terkati dengan belajar tuntas (mastery learning) dengan tokoh-tokohnya seperti B. Carrol, Jerome S. Brunner dan Benjamin S. Bloom juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi pembelajaran. Selain itu kerangka acuan yang tekait dengan perancangan atau desain pembelajaran juga turut menyemarakan perkembangan teknologi pembelajaran yang selanjutnya digunakan juga sebagai acuan dalam penyusunan bingkai kerja dalam pengembangan pembelajaran berdasarkan komputer.
Persepktif historis pembelajaran berasaskan komputer dimulai dari munculnya ide-ide untuk menciptakan perangkat teknologi terapan yang memungkinkan seseorang melakukan proses belajar secara individual dengan menerapkan prinsip-prinsip didaktik tersebut. Dalam sejarah teknologi pembelajaran kita menemukan bahwa karya Didney L. Pressey (1960) untuk menciptakan mesnin mengjar atau teaching machine bida dicatat sebagai pelopor dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.
Pressey memandang bahwa mesin tes ini bida digunakan pula dalam mengajar dan dengan sedikit mengubah tujuan, dari tujuan menguji menjadi tujuan mengajar akhirnya alat itu digunakan juga sebagai mesin mengajar.
Pada tahun 1964, seorang ahli psikologi dari aliran behaviarisme yang ternama B.F Skiner menciptakan pembelajaran terprogram (berprogram) atau progamed instruction. Sistem pembelajaran terprogram memungkinkan interaksi prinsip dengan siswa dan interaksi siswa dengan guru yang dilakukan secara langsung, tetapi melalui program yang bidas berbentuk tulisan, rekaman radio, film dan sebagainya. Prinsip yang digunakan sejalan dengan prinsip belajar yang dikembangkannya, yaitu conditioning operan dimana siswa belajar melalui serangkaian stimulus-respon dan dalam program itu stimulus (pertanyaaan) ditemukan sendiri oleh siswa. Dalam program ini diberikan “kunci jawaban” yang dibisa diperiksa siswa setelah merespon, sehingga siswa mengetahui apakah responya b enar atau salah. Program linear ini dapat pula bercabang (branching). Model-model pembelajaran terpogram, baik program linear maupun branching inilah yang mewarnai pengembangan perangkat lunak dalam sistem pembelajaran berasaskan komputer.
2. PEMBAHASAN
2.1 Teknologi Komputer
Komputer adalah hasil karya manusia yang mampu membawa perubahan besar dalam berbagai bidang pekerjaan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, komputer sebagai hasil teknologi modern sangat membuka kemungkinan-kemungkinan yang besar untuk menjadi alat pendidikan. Khususnya dalam pembelajaran, komputer dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu, komputer dapat digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami konsep. Hal ini sangat memungkinkan karena komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks, suara, warna, gaambar, gerak dan video serta membuat suatu kepintaran yang sanggup menyajikan proses interaktif.
2.2. Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan
Pada umumnya dalam bidang pendidikan, penggunaan teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikri prosesor, dimana informasi atau materi yang disampaikan disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan. Berbagai jenis aplikasi disimpan dalam pendidikan umumnya dikenal dengan istilah “computer asissted Intruction (CAI)” atau pembelajaran berbantuan komputer (PBK). Dalam pembelajaran berbantuan komputer, peserta didik berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara komputer dengan peserta didik ini terjadi secara individual, sehingga apa yang dialami oleh peserta didik akan berbeda dengan apa yang dialami peserta didik yang lainnya.
Pembelajaran dengan berbantuan komputer “Computer Assisted Intructioan (CAI) telah dikembangkan akhir-akhir ini dan telah membuktikan manfaatnya untuk membantu guru dalam mengjar dan membantu peserta didik dalam belajar. Komputer diharapkan dapat membantu puluhan peserta didik dan dimasa yang akan datang dapat membantu ribuan peserta didik sekaligus komputer dalam menyampaikan bahan pengajaran dengan melibatkan peserta didik secara aktif serta membolehkan umpan balik.
Disamping sebagai CAI pemanfaatan komputer dapat berupa CBI (Computer Based Instrction) yaitu pembelajaran berbasis Komputer. Dalam pamanfaatan komputer sebagai CBI ini terdapat 4 model yaitu: drill and practice, tutorial, simulasi dan games instuctions. Pembelajaran Berbasis Komputer yang bersifat individual learning (pembelajaran individual), dan mastery learning (belajar tuntas). Pembelajaran Berbasis Komputer dilaksanakan pada laboratorium komputer yang ada di sekolah.
3. PENUTUP
3. 1. Kesimpulan
Pemanfaatan TIK dalam pendidikan yaitu Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, sejak lama telah dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Seperti penemuan kertas, mesin cetak, radio, video taperecorder, film, televisi, overhead proyector (OHP), dan computer baik dalam bentuk computer asissted instuctional (CAI), maupun dalam bentuk somputer based instuctiona (CBI) serta e-learning telah dimanfaatkan dalam proses pendidikan.
Pada hakikarnya alat-alat tersebut ternyata dapat dimanfaatkan dalam proses pendidikan, bahkan dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi dan kualitas hasil pembelajaran.
4. DAFTAR PUSTAKA
Prawiradilaga Salma, 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana.
Supriyanto Aji, 2005. Pengantar Teknologi dan Informasi. Jakarta : Penerbit Salemba Infotek.
www.teknologipendidikan.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar