Sabtu, 10 Maret 2012

Artikel cinta persaudaraan



Cinta Persaudaraan
http://wawanoutsider.wordpress.com/2010/03/18/cinta-erotis-dan-cinta-persaudaraan/

Dan cinta persaudaraan adalah Rasa cinta menjadi satu identitas yang melekat dalam kehidupan para mahluk-Nya. Tanpa diundang, cinta hadir dan menyapa siapa saja. Membenamkan segala syak wasangka menjadi satu alunan dendang irama. Saking dahsyatnya cinta, banyak orang yang terlena dan salah mendefinisikan arti cinta.
Cinta persudaraan (agape = bahasa yunani) diwujudkan manusia dalam tingkah atau perbuatannya. Cinta persudaraan tidak mengenal adanya batas-batas manusia berdasarkan suku bangsa atau agama. Dalam cinta ini semua manusia sama sebagai mkhluk tuhan sehingga seseorang tidak mempunyai pamrih untuk berbuat baik terhadap sesama.
Cinta hanya kepada Allah dan bukan karna sesuatu yang lain dalam kehidupan yang penuh dengan ketamakan,hasrat dan kepentingan, adalah sangat sulit dan tak seorangpun dapat mencapainya,kecuali orang-orang yang memiliki hati yang suci. Karna baginya dunia bukan apa-apa jika dibanding dengan keridhoan Allah swt. Prinsip yang demikian akan membawa berkah berupa anugrah yang tak terhingga dari Allah swt.
Dalam pandangan Rasulullah tidak ada sesuatu pun yang dapat mengurangi kebencian, kecemburuan dan permusuhan dari hati manusia,kecuali persaudaraan sejati yang didasarkan pada cinta,persahabatan dan saling memberikan nasehat. Sehingga beliua mengajak umat muslim untuk menebarkan salam diantara saudara-saudara mereka,sehingga mereka akan membuka hati mereka untuk saling mencintai dan bertemu dalam kondisi yang baik.

Menurut pendapat saya cinta kepada persaudaraan adalah Rasa cinta kepada sesama umat menjadi satu identitas yang melekat dalam kehidupan-Nya. Cinta itu hadir  tanpa sepengetahuan atau secara tiba-tiba pada  hadir pada siapa saja. Dalam cinta kita bisa merasakan seberapa pentingnya pada  umat manusia. Dalam cinta ini semua manusia sesama sebagai makhluk tuhan sehingga seseorang tidak mempunyai pamrih untuk berbuat baik terhadap sesama manusia.
Cinta juga mempunyai suatu beberapa unsur yang paling hakiki dari persaudaraan. Yaitu seperti :              Cinta kasih yang diungkapkan dalam tindakan
                        Keakraban (Familiarity)
                        Membiarkan diri dilayani orang lain
                        Perhatian atas saudara dan saudari yang sakit
                        Sikap penuh syukur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar